PEDOMAN TINGKAH LAKU DALAM KEHIDUPAN

Rabu, 23 Januari 2013

1. HORMATI SEMUA MAKHLUK

Tidak ada satu pun yang bisa direndahkan melalui kata-kata hina. lebih baik memilih berlari daripada berkelahi.

2. JUJUR

Aku belajar untuk bersikap jujur karena kejujuran selalu membuat hati merasa tenang. kita mungkin berbuat banyak kesalahan dalam hidup. Menghadapi dan belajar dari kesalahan-kesalahan akan membuat kita lebih kuat.

3.BERSIKAP ADIL

Kalau ada suatu keadaan yang membuat seseorang sengsara gara-gara ku, aku harus berhenti sejenak dan memperbaikinya tanpa terkecuali.

4. BERBAKTI KEPADA ORANG TUA.

Kita berhutang hidup kepada mereka. Mereka bersusah payah, menyayangi, melindungi, dan mencurahkan waktunya yang tak terhitung untuk kita. Hal yang bisa kita tunjukkan berbakti sepenuhnya kepada mereka dan menghargai kasih sayang yang mereka berikan ke kita.

5. JANGAN MUNDUR DARI JALAN YANG SUDAH KITA AMBIL

Lebih baik kalah dengan hormat daripada menang tidak jujur. Ingatlah, hal-hal buruk yang kita lakukan akan berbalik pada kita tiga kali lipat.

6. YAKIN BAHWA KITA BISA

Bersikap ambisius dan melangkah maju dengan berani, artinya 'kita bisa'.Tentukan cita-cita kita setinggi mungkin dan ikutkan hati serta pikiran kita. Yang dimulai dengan langkah pertama serta mengubah dirinya tidak mudah rapuh. Kunci kesuksesan kita dalah dengan merancang tujuan, membuat perencanaan, dan fokus untuk bergerak maju.

7. PENDIDIKAN DAN KERJA KERAS ITU PENTING

Jika kita bekerja keras hari ini selagi muda artinya kehidupan kita akan lebih baik berpuluh-puluh tahun berikutnya. Pria terbijak yang pernah ada, Nabi Sulaiman as, berkata: " Pengetahuan itu lebih berharga daripada emas dan perak". Karena ilmu pengetahuan tidak bisa dicuri. Kita sebaiknya menghabiskan 8 jam sehari utk belajar selama 6 hari dalam seminggu. Ketika kita merasa tak ingin belajar atau saat sedih ingatlah perkataan Muhammad Ali "Aku benci setiap menitnya untuk berlatih, namun kataku, jangan menyerah. Bersusah-susah dahulu dan aku akan menikmati sisa hidupku sebagai seorang juara." Rajin-rajinlah kita bekerja keras seolah-olah kita hidup untuk selamanya.

8. BERIBADAH

Kita sebagai umat muslim haruslah beriman dan bertaqwa yaitu mengerjakan segala amal sholeh seolah-olah kita akan mati besok.

0 komentar:

Posting Komentar